Rabu, 23 Maret 2011

Gerakan Pramuka Mempersatukan Persaudaraan

Sudah hampir 50 tahun Pergerakan Pramuka di Indonesia.


Pada awalnya pramuka dibuat karena bangsa kita tertarik dengan oragnisasi Hindia - Belanda yang bernama Nederlan Indische Padvindes Verenging (NIPV) karena yang sifatnya universal, sehingga rganisasi tersebut dapat dengan cepat diterima apalagi pada saat itu kondisi sangat memungkinkan.
Maka pada tahun 1916  di buat  Javaanse Padvinders Organisasi (JPO) yang di prakarsai oleh Sultan Pangeran Mangkunegara VII di Surakarta. Berdirinya organisasi tersebut membuat para pemuda di daerah lain tertarik mendirikan organisasi kepanduan, yang memang pada saat itu bisa di anggap sebagai salah satu cara untuk mencapai kemerdekaan. Pada saat peristiwa Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928, yang menjiwai Gerakan Kepanduan Nasional kita untuk lebih bergerak maju dan berjanji untuk bersatu.

Mengikuti Jambore Dunia V untuk pertama kalinya di Volegenzang, Belanda 1937
Mengadakan Jambore Nasional Kepanduan Pertama pada masa Pandu (sebelum jadi Pramuka) pada saat itu diselenggarakan di Pasar Minggu, Jakarta 1955. 
Karena terlalu banyak oragnisasi kurang baik untuk Persatuan Bangsa, maka Pemerintah mengeluarkna KEPPRES No. 238/61 Tentang Gerakan Pramuka sebagai dukungan pemerintah terhadap kepanduan Indonesia dan sekarang sudah di sahkannya RUU Gerakan Pramuka dapat di lihat http://www.pramuka.or.id/news/2010/10/28/payung-hukum-baru-di-usia-50/ disitu ada kalimat melalui "melalui keputusan tersebut (KEPPRES), organisasi-organisasi kepanduan yang ada, melebur diri ke dalam wadah baru bernama Gerakan Pramuka". Disitu juga  Ketua Komisi Pendidikan DPR Mahyuddin dalam sambutannya memaparkan, "undang-undang ini disusun untuk menghidupkan kembali semangat dan perjuangan yang dijiwai nilai-nilai Pancasila. Penyelenggaraan pendidikan kepramukaan, katanya, harus bersifat mandiri, sukarela, dan non-politis dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Undang-undang ini juga mengatur hak dan kewajiban orang tua dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan kepramukaan".
Kalimat di atas "dengan semangat Bhineka Tunggal Ika" itu berarti kepramukaan Indonesai sangat kuat persaudaraannya, apalagi telah di laknsakannya JAMNAS (Jambore Nasional) di berbagai tempat sehingga dapat memperkuat persaudaraan bangsa kita..

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More